Wednesday, May 13, 2015

Ketahui Bagaimana Merawat serta Menghilangkan Bekas Luka Jahitan



Bagaimana Merawat serta Menghilangkan Bekas Luka Jahitan - Adanya bekas luka jahitan kadang mengganggu penampilan Anda. Seperti bekas jahitan operasi atau bekas jahitan kecelakaan yang kadang menonjol dan rasanya seperti bisul yang akan tumbuh. Apalagi, jika bekas tersebut berada di bagian tubuh yang terlihat seperti di kaki bahkan yang tak terlihat sekalipun seperti di perut.

Lantas, bagaimana cara menghilangkannya ya Ladies? Atau, merawatnya agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan bakteri?

Menurut penjelasan dr. Tri Ari Wibowo dari Meetdoctor.com, untuk merawat bekas luka operasi yang baru saja atau kurang dari seminggu. Maka, jika menggunakan balutan konvensional harus sering untuk ganti balut. Sedangkan jika menggunakan penutup luka (dressing) modern bisa bermacam-macam seperti transparant dressing, foam,hidrogel,silver,dll harus disesuaikan dengan kondisi luka apakah luka tersebut kering, basah , berdarah, atau rawan infeksi atau bernanah.

Untuk menghilangkan bekas operasi maka juga harus dipertimbangkan mengenai kondisi bekas operasinya. Jika bekas tersebut masih pada permukaan kulit maka ada beberapa terapi laser dan krim yang bisa diaplikasikan. Hal ini dapat Anda konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK). Jika bekas tersebut menimbul atau dalam Anda bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik (Sp.BP-RE).

Sementara itu, bekas jahitan yang terasa seperti menonjol merupakan salah satu proses penyembuhan luka saat pembentukan kolagen kembali. Untuk menghindari jaringan parut yang menimbul Anda dapat melakukan balutan tekan atau mengoleskan krim anti keloid.

Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis Bedah Plastik rekonstruksi dan estetik (Sp.BP-RE) untuk penanganan mencegah pembentukan jaringan parut/keloid lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment